Pengemudi SUV Tabrak Kerumunan di Halte Bus Texas Dekat Perbatasan; 7 Tewas

  • Associated Press

Dua petugas menyelidiki di TKP pasca insiden mematikan di mana sebuah mobil menabrak pejalan kaki di dekat Ozanam Center, tempat perlindungan bagi migran dan tunawisma, di Brownsville, Texas, AS Minggu 7 Mei 2023.

Polisi di kota Brownsville, Texas, mengatakan tujuh orang tewas dan sebanyak enam orang terluka setelah mereka ditabrak kendaraan saat menunggu di halte bus di luar tempat penampungan migran.

Polisi Brownsville mengatakan kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 08.30 pada hari Minggu di sebuah kota perbatasan.

Para korban sedang duduk di pinggir jalan di halte bus di seberang jalan dari Bishop Enrique San Pedro Ozanam Center.

BACA JUGA: 9 Orang Tertembak di Texas, Jumlah Korban Tewas Belum Diketahui

Direktur tempat penampungan itu, Victor Maldonado mengatakan ia memeriksa video pengawasan tempat penampungan dan melihat sebuah SUV menyalakan lampu dan menabrak orang-orang yang duduk di halte bus itu.

“Apa yang kita lihat di video itu adalah sebuah SUV Range Rover dalam jarang sekitar 100 meter menyalakan lampu dan kemudian menabrak orang-orang yang sedang duduk di halte bus,” ujar Maldonado.

Ia menambahkan bahwa sebagian besar korban adalah laki-laki Venezuela.

Penampungan Ozanam adalah salah satu tempat penampungan di kota Browsnville, dan mengurusi pembebasan ribuan migran dari tahanan federal.

Maldonado mengatakan “dalam dua bulan terakhir ini, kami membebaskan antara 250 – 380 migran per hari.”

BACA JUGA: AS Kerahkan 1.500 Personel Militer ke Perbatasan dengan Meksiko

Tempat penampungan tersebut memang dapat menampung 250 orang, tetapi banyak migran yang datang dan pergi pada hari yang sama. Dalam beberapa minggu terakhir ini, peningkatan jumlah orang yang menyebrang ke Amerika Serikat mendorong kota itu menyatakan keadaan darurat. Situasi tersebut terkait dengan jumlah sumber daya lokal yang mereka miliki. Pihak negara bagian dan pemerintah federal juga telah mengoordinasikan penegakan hukum dan tanggapan kemanusiaan.

Rumah penampungan Ozanam adalah satu-satunya tempat penampungan untuk bermalam di Kota Brownsville dan mengelola pembebasan ribuan migran dari tahanan federal.

Selain menawarkan transportasi bagi para migran selama satu minggu, mereka juga bebas menggunakan transportasi umum kota. [my/jm/em]