Perjalanan Pemungkas Pesawat Discovery

Pesawat ulang-alik Discovery di atas punggung pesawat Boeing 747 (foto: VOA/Brandon Garner).

Pesawat ulang-alik Discovery di atas punggung pesawat Boeing 747 (foto: VOA/Brandon Garner).

Pesawat Discovery terbang mengelilingi Washington, DC, tiga kali dalam rangka 'victory lap' sebelum resmi memasuki masa pensiun (foto: AP).

Pada tanggal 19 April, pesawat ulang-alik Discovery akan resmi menjadi bagian dari koleksi Museum Udara dan Antariksa Smithsonian di Bandara Internasional Dulles, Virginia (foto: VOA/Alison Klein).

Pesawat Boeing 747 mengusung pesawat antariksa Discovery pada penerbangan terakhirnya di Washington (foto: AP).

Pesawat Boeing 747 mengusung pesawat antariksa Discovery pada penerbangan terakhirnya di Washington (foto: VOA/Alison Klein).

Pesawat ulang-alik antariksa Discovery melakukan penerbangan 'victory lap' di Washington, DC. Dalam foto ini terlihat terbang melintasi Gedung Capitol (foto: VOA/Alison Klein).

Orang-orang menonton Discovery dari perancah di Gedung Capitol, Washington, 17 April 2012 (foto: VOA/Alison Klein).

Kokpit Discovery menyala terang saat bersiap-siap untuk penerbangan terakhirnya (foto: NASA).

Pesawat pengangkut pesawat Discovery tiba di Kennedy Space Center, Florida, untuk mempersiapkan penerbangan ferry pesawat ulang-alik Discovery ke Virginia, 10 April 2012 (foto: NASA).

Presiden AS Bill Clinton dan Hillary Clinton menyaksikan peluncuran Discovery dari Launch Control Center untuk misi STS-95, 29 Oktober 1998 (foto: NASA)..

Astronot Soichi Noguchi berjalan di luar angkasa di luar Discovery, 3 Agustus 2005 (foto: NASA).

Sayap kanan pesawat ulang-alik Discovery difoto oleh kru Ekspedisi 13 di Stasiun Luar Angkasa Internasional, 6 Juli 2006 (foto: NASA)

Dengan penahan laju sepenuhnya dikerahkan, Discovery mendarat di Landasan 15 Kennedy Space Center yang terang benderang setelah misi sembilan hari, 9 Juni 1999 (foto: NASA).