Persiapan Pemilu Parlemen Eropa Berlangsung di Belgia

Para anggota parlemen Eropa di Brussel, Belgia (foto: dok). Belgia tengah mempersiapkan penyelenggaraan pemilu parlemen Eropa.

Jutaan kertas suara pemilu dikemas dan dikirim ke seluruh Belgia untuk pemilu Eropa mendatang dan pemilu parlemen Belgia. Pemilu akan diadakan di Belgia tanggal 9 Juni.

Tom Deschildre, Direktur Pelaksana Grup Inni mengatakan, “Jadi kami punya tiga juta kartu untuk memilih, kartu-kartu kecil yang akan diterima masyarakat di rumah. Kami mencetak sekitar 8 juta surat suara. Namun juga ruang pemungutan suara, kini kami telah menyebarkan lebih dari 2.000 TPS dan juga lebih dari 2.000 kotak suara. Jadi jumlahnya sangat besar.”

BACA JUGA: Spanyol, Irlandia, dan Norwegia Resmi Akui Palestina sebagai Negara

Perusahaan Inni Group yang bertanggung jawab mencetak dan menyiapkan sekitar 8 juta surat suara untuk pemilu. Kelompok ini juga menyediakan TPS-TPS dan perlengkapan pemilu lainnya.

“Kami melihat contoh di Belanda, di mana mereka kembali menggunakan kertas suara. Saya rasa di Wallonia, juga kembali ke kertas karena banyak masyarakat yang agak takut dengan cara digital,” kata Direktur Pelaksana Inni Group, Tom Deschildre.

Sekitar 400 juta warga Uni Eropa akan pergi ke TPS-TPS bulan depan untuk memilih anggota Parlemen Eropa, dalam salah satu acara demokrasi terbesar dunia. [ps/jm]