Pesenam Rusia, Belarus Diizinkan Berkompetisi Sebagai Atlet Netral mulai Januari

FILE - Mikhail Melnik dari Federasi Rusia beraksi dalam putaran final Senam Trampolin Perorangan Putra Pertandingan Eropa 2019 di Minsk Arena, Minsk, Belarus, 25 Juni 2019. (REUTERS/Vasily Fedosenko)

Pesenam Rusia dan Belarus akan diizinkan untuk berkompetisi sebagai "atlet netral individu" di acara yang diselenggarakan oleh federasi senam mulai Januari mendatang, kata Federasi Senam Internasional (FIG), Rabu (19/7).

Komite Eksekutif FIG memutuskan bahwa pesenam Rusia dan Belarus dapat berkompetisi selama mereka tidak terkait dengan federasi senam negara mereka, federasi nasional mereka, dan komite Olimpiade.

Keputusan FIG datang setahun setelah melarang atlet dari kedua negara menyusul invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022. Belarus digunakan sebagai area persiapan untuk invasi, yang Moskow sebut sebagai "operasi militer khusus."

Pesenam dari kedua negara tersebut akan dapat berpartisipasi dalam kompetisi kualifikasi untuk Olimpiade tahun depan di Paris. Namun keputusan kelayakan mereka untuk Olimpiade akan menjadi tanggung jawab Komite Olimpiade Internasional (IOC), tambah FIG.

Tim Rusia (tengah), Belarus (kiri) dan Ukraina mendengarkan lagu kebangsaan Rusia pada Kejuaraan Senam Ritmik Eropa ke-31 di Minsk, Belarusia, 2 Mei 2015. Rusia memenangkan emas, perak Belarusia, dan perunggu Ukraina dalam kompetisi final beregu. (REUTERS/Vasily Fedosenko)

"Setiap atlet yang ingin mendapatkan status 'atlet netral individu' harus mendaftar ke FIG sesuai dengan aturan ad-hoc," kata FIG dalam sebuah pernyataan.

"Atlet yang diberikan status ini akan memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam acara yang diatur oleh FIG mulai 1 Januari 2024."

"Dengan menerima pesenam Rusia dan Belarus untuk berpartisipasi dalam kompetisi sebagai atlet netral independen, FIG memastikan bahwa hak semua atlet dihormati dan mengirim pesan ke dunia bahwa senam mencari perdamaian,” ujar Presiden FIG Morinari Watanabe.

IOC mengeluarkan rekomendasi pada awal tahun ini untuk mengizinkan atlet dari Rusia dan Belarus berkompetisi sebagai atlet netral, selama mereka tidak berafiliasi dengan militer negara mereka. [ah/rs]