Pesepak Bola Spanyol Jenni Hermoso Tuduh Rubiales Lakukan Pelecehan Seks

Pesepak bola putri Spanyol, Jenni Hermoso (foto: dok).

Pesepak bola putri Spanyol Jenni Hermoso secara resmi menuduh Luis Rubiales, presiden Federasi Sepak Bola Spanyol, melakukan pelecehan seksual karena ciuman yang tidak diinginkan setelah final Piala Dunia Putri, kantor kejaksaan nasional mengumumkan pada Rabu.

Pada akhir Agustus, FIFA, badan sepak bola dunia, menjatuhkan skorsing 90 hari kepada Rubiales “menunggu proses disipliner terhadapnya dibuka.” Seluruh tim pemenang Piala Dunia tersebut menolak bertanding kalau Rubiales tidak lengser. Politisi Spanyol dan sebagian klub dan pesepak bola paling terkenal di negara itu juga mengecam tindakan Rubiales.

BACA JUGA: Buntut Skandal Ciuman, FIFA Skors Ketua Federasi Sepak Bola Spanyol

Rubiales, yang menyatakan tidak berencana mundur, mengatakan bahwa ciuman itu dilakukan atas dasar suka sama suka dan bahwa ia adalah korban dari kampanye politik yang memfitnah.

Rafael del Amo, wakil presiden Royal Spanish Football Federal, dan dua pejabat federasi lainnya telah mengundurkan diri sebagai bentuk protes. Pada Selasa, Jorge Vilda dipecat sebagai pelatih tim sepak bola putri. [ka/jm]