PM Australia Dukung Upaya Hentikan Serangan di Laut Merah

  • Associated Press

Helikopter militer Houthi terbang di atas kapal kargo Galaxy Leader di Laut Merah dalam foto yang dirilis 20 November 2023. (Foto: Houthi/Handout via REUTERS)

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengatakan pada Jumat (5/1) bahwa Australia menandatangani pernyataan yang mengutuk serangan terhadap kapal-kapal di Laut Merah. Sikap Australia ini mengirim “pesan yang jelas,” ujar Albanese.

Kelompok Houthi di Yaman yang didukung Iran telah menyerang kapal-kapal di jalur pelayaran sibuk itu selama berbulan-bulan. Mereka menarget kapal-kapal yang mereka katakan memiliki hubungan dengan Israel.

Australia pekan ini bergabung dengan 11 negara lain, termasuk Amerika, mengeluarkan pernyataan bersama yang menyerukan diakhirinya serangan-serangan tersebut.

Anthony Albanese mengatakan serangan tersebut merupakan ancaman terhadap perdagangan global.

“Kami menginginkan serangan ini diakhiri. Ini soal kebebasan navigasi. Serangan itu benar-benar tidak dapat diterima. Itulah sebabnya kalian menghadapi respons dari kelompok pimpinan Amerika, dan Australia mendukung, di Bahrain,” kata Albanese di Sydney. [ka/uh]