PM Pakistan: Taliban Harus Ikut dalam Rekonsiliasi Afghanistan

PM Pakistan Nawaz Sharif mendesak agar Taliban disertakan dalam dialog rekonsiliasi Afghanistan saat berbicara di London hari Selasa (29/10).

PM Pakistan Nawaz Sharif mendesak pemberontak Taliban agar ikut serta dalam proses rekonsiliasi politik guna mengakhiri konflik 12 tahun di Afghanistan.
Berbicara hari Selasa (29/10) di London, PM Pakistan Nawaz Sharif mengatakan Taliban harus berdialog dengan Majelis Perdamaian Tinggi Afghanistan untuk “memajukan kesatuan.” Ia mengatakan stabilitas akan tercipta di negara itu hanya jika semua pihak terlibat dalam prosesnya.

Perdana menteri Pakistan itu berkata demikian menjelang pertemuan dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai, yang diselenggarakan hari Rabu oleh Perdana Menteri Inggris David Cameron.

Presiden Karzai membentuk Majelis Perdamaian Tinggi itu lebih tiga tahun lalu untuk memajukan perdamaian dan rekonsiliasi politik nasional di Afghanistan. Tetapi majelis itu belum membuahkan banyak hasil.

PM Cameron tahun lalu memprakarsai sejumlah pertemuan tinggi ketiga pihak itu guna mendorong Pakistan dan Afghanistan agar memperkuat kerjasama bilateral untuk membawa semua pihak di Afghanistan ke meja perundingan.