Presiden China akan Lakukan Lawatan ke 3 Negara Eropa mulai Kamis

Presiden China, Xi Jinping, pada sidang paripurna kedua Kongres Rakyat Nasional (NPC) di Aula Besar Rakyat di Beijing, China, 8 Maret 2019. (Foto: dok).

Presiden China Xi Jinping akan mengunjungi Italia, Prancis dan Monako dari hari Kamis ini hingga 26 Maret, kata kementerian luar negeri China hari Senin.

Pemerintah koalisi Italia telah mengirim sinyal beragam mengenai apakah akan menandatangani perjanjian yang diusulkan oleh China agar Italia ikut bergabung program investasi infrastruktur bernilai triliunan dolar yang dikenal sebagai Belt dan Road (sabuk dan jalan). Prakarsa ini bertujuan untuk memperluas perdagangan dengan membangun pelabuhan, jaringan kereta api, dan infrastruktur lainnya di lebih dari 60 negara dari Pasifik Selatan sampai Asia hinga Eropa dan Afrika.

Proyek-proyek di bawah inisiatif ini telah mendapat keluhan karena membuat negara-negara tuan rumah terlilit utang terlalu besar, dengan terlalu sedikit pekerjaan diberikan kepada perusahaan lokal.

Wakil Menteri Luar Negeri Italia Guglielmo Picchi menyampaikan cuitan lewat Twitter awal bulan ini bahwa Italia seharusnya tidak menandatangani perjanjian itu.

Pernyataan kementerian luar negeri China tidak memberikan rincian jadwal Xi selama perjalanan ini. [lt]