Tautan-tautan Akses

Laporan: AS dan China Hampir Capai Kesepakatan Perdagangan


Bendera-bendera AS dan China dikibarkan bersama di atas sebuah becak di Beijing, 16 September 2018 (foto: AP Photo/Andy Wong)
Bendera-bendera AS dan China dikibarkan bersama di atas sebuah becak di Beijing, 16 September 2018 (foto: AP Photo/Andy Wong)

Amerika dan China hampir mencapai kesepakatan perdagangan yang bisa membuat kedua belah pihak mengakhiri perang tarif yang meningkat sejak tahun lalu, demikian laporan Wall Street Journal hari Minggu.

Berita mengenai kesepakatan itu meningkatkan pasar di Asia pada Senin pagi ketika Wall Street Journal melaporkan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China, Xi Jinping bisa bertemu untuk menandatangani kesepakatan pada akhir Maret, setelah Xi mengakhiri lawatan ke Eropa.

Laporan itu mengatakan China telah setuju untuk menurunkan tarif dan mengurangi pembatasan terhadap barang-barang Amerika, termasuk produk pertanian, mobil, dan kimia. Sebagai imbalannya, AS akan mencabut tarif yang dikenakan terhadap barang-barang China tahun lalu.

China juga menyetujui tuntutan Trump agar Beijing menurunkan kesenjangan perdagangan antara kedua negara. China telah setuju untuk membeli lebih banyak produk Amerika, termasuk kemungkinan pembelian gas alam bernilai miliaran dolar.

Laporan tersebut mengutip sumber dari kedua belah pihak, yang memperingatkan bahwa tidak semua hambatan berhasil dilewati. [my]

Recommended

XS
SM
MD
LG