Presiden China Serukan Kebersamaan Atasi Wabah Corona

Presiden China Xi Jinping berbicara dalam sebuah acara untuk menghormati beberapa pahlawan China dalam melawan Covid-19 di Aula Besar Rakyat di Beijing, Selasa, 8 September 2020. (Foto: AP)

Presiden China Xi Jinping, Kamis (19/11), mengatakan masyarakat internasional harus bersatu dan bersama-sama menanggapi krisis Covid-19 untuk mengalahkannya dan mendorong pemulihan global.

Xi membuat pernyataan tersebut dalam pidato intinya di Dialog CEO Forum Kerjasama Asia-Pasifik (APEC) yang berlangsung secara virtual.

"Perdamaian dan pembangunan tetap menjadi tren yang mendasari zaman kita. Menghadapi tantangan melalui kerja sama adalah satu-satunya jalan untuk maju dalam komunitas internasional. Pandemi ini sekali lagi menunjukkan bahwa kepentingan negara saling terkait erat dan bahwa umat manusia memiliki kepentingan yang sama," katanya.

"Memang, dunia kita adalah komunitas tak terpisahkan dengan masa depan bersama. Untuk mengalahkan virus dan mendorong pemulihan global, kita dalam komunitas internasional harus bersatu dan bersama-sama menanggapi krisis ini," lanjut Xi.

Xi juga meminta masyarakat internasional berupaya membangun ekonomi dunia yang terbuka melalui kerja sama yang lebih erat.

BACA JUGA: Biden: Harus Ada Panglima dalam Upaya Lawan Pandemi Corona

"Semua negara harus saling membantu, bertindak dalam semangat kemitraan dan melewati masa sulit ini bersama-sama. Kita perlu meningkatkan komunikasi dan koordinasi, mengintensifkan kerja sama global secara menyeluruh melawan Covid-19, dan menjaga agar ekonomi global tetap terbuka," ujar Xi.

"Dengan melakukan itu, kita dapat mengalahkan virus pada tahap awal dan mencapai pertumbuhan yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif bagi semua," tambahnya.

Delegasi Malaysia dari Dewan Penasihat Bisnis APEC menjadi tuan rumah forum berjudul “APEC Re-Imagined: Priorities in aftermath of Covid-19". [ab/uh]