Presiden Israel akan Berpidato di Kongres AS

FILE - Seorang pria dengan teropong mengamati halaman di sekitar Capitol Hill di Washington, AS, 20 April 2023. (REUTERS/Amanda Andrade-Rhoades)

Presiden Israel Isaac Herzog akan berpidato di Kongres AS, memuji hubungan AS-Israel dan “memperingati 75 tahun Israel.”

Pidato ini dilakukan di tengah-tengah keprihatinan AS mengenai upaya PM Israel Benjamin Netanyahu untuk merombak sistem pengadilan Israel dan mengenai perluasan permukiman Yahudi di wilayah-wilayah pendudukan Palestina.

BACA JUGA: Presiden Israel: Demokrasi Israel Bertahan di tengah Kekhawatiran Perombakan Yudisial

DPR AS hari Selasa (18/7) meloloskan resolusi yang menegaskan kembali dukungan AS untuk Israel. Resolusi itu muncul sebagai tanggapan atas pernyataan anggota DPR dari partai Demokrat, Pramila Jayapal, yang menyebut Israel sebagai “negara rasis” sebelum ia kemudian mengklarifikasi bahwa ia percaya pemerintah Netanyahu “telah terlibat dalam kebijakan diskriminatif dan terang-terangan rasis, dan bahwa ada orang-orang yang ekstrem rasis yang menggerakkan kebijakan itu di dalam kepemimpinan pemerintahan sekarang ini.”

Beberapa legislator Demokrat telah mengatakan mereka akan memboikot pidato Herzog, termasuk Rashida Tlaib, satu-satunya anggota keturunan Palestina di Kongres.

Anggota parlemen AS sebelumnya pernah memboikot pidato beberapa pemimpin yang sedang berkunjung, termasuk PM India Narendra Modi yang berpidato di Kongres bulan lalu. [uh/ab]