Presiden Obama Utus 2 Senator ke Mesir

Anggota Komisi Angkatan Bersenjata Senat Amerika, Senator John McCain (kiri) dan Senator Lindsey Graham diutus Presiden Obama untuk melawat ke Mesir (Foto: dok).

Dua Senator senior Amerika mengatakan mereka telah diminta oleh Presiden Amerika Barack Obama untuk mengunjungi Mesir pekan depan sementara negara itu berjuang mengatasi krisis politik.
Senator Lindsey Graham mengatakan hari Selasa ia dan rekannya Senator dari partai Republik Senator John McCain berharap dapat berangkat ke Mesir segera, setelah urusan logistik terkait kunjungan tersebut selesai.

Graham dan McCain adalah anggota Komisi Angkatan Bersenjata Senat.

Krisis Mesir telah menimbulkan pertanyaan mengenai kelanjutan $ 1,5 milyar bantuan militer dan ekonomi tahunan Amerika untuk Mesir. Pekan lalu, pemerintahan Obama mengatakan pihaknya tidak akan menyatakan penggulingan Presiden Mesir Mohamed Morsi baru-baru ini kudeta, dengan demikian memungkinkan Amerika untuk terus menyediakan bantuan keuangan.

Hampir 200 orang telah tewas dalam kekerasan sejak tentara Mesir menggulingkan Morsi dari kekuasaan tanggal 3 Juli. Banyak dari korban merupakan pendukung mantan presiden itu.