Presiden Somalia Berterima Kasih kepada VOA

Presiden Somalia Sheikh Sharif Sheikh Ahmed berterimakasih atas inisiatif VOA mengadakan survei terhadap warga Somalia soal rancangan konstitusi (foto: dok).

Sheikh Ahmed telah mengucapkan terima kasih kepada Voice of America yang mengadakan jajak pendapat rakyat Somalia mengenai rancangan konstitusi di sana.
Presiden Somalia Sheikh Sharif Sheikh Ahmed telah mengucapkan terima kasih kepada Voice of America untuk jajak pendapat rakyat Somalia baru-baru ini tentang rancangan konstitusi negara itu.

Dalam surat yang diterima Selasa oleh VOA, presiden itu mengatakan jajak pendapat tersebut telah memungkinkan warga Somalia untuk berbagi pandangan mereka mengenai pasal-pasal yang paling kontroversial.

Katanya, konstitusi baru ini merupakan "langkah ke depan yang penting" bagi Somalia, dan kemampuan rakyat Somalia untuk berbicara dalam proses perancangan ini adalah "jantung demokrasi."

Layanan VOA untuk Somalia mensurvei 3.000 orang Somalia tentang ketentuan kunci dalam rancangan konstitusi dan jenis pemerintahan yang ingin mereka miliki.

Hasil penelitian itu menunjukkan 87 persen menghendaki hukum Islam sebagai dasar hukum perdata dan pidana negara itu; 83 persen menginginkan pemerintah pusat yang kuat; dan 78 persen mendukung konstitusi yang diusulkan.