Presiden Trump akan Umumkan Keputusan Terkait Program DACA

Residents hold a man as a health worker collects a swab sample from him to test for the Covid-19 at a community gym on the outskirts of Hyderabad, India.

Presiden Amerika Donald Trump diperkirakan akan mengumumkan keputusannya untuk mengakhiri program yang melindungi orang-orang yang dibawa ke Amerika Serikat secara illegal ketika mereka masih anak-anak terhadap deportasi, Selasa (5/9).

Para pejabat yang menjelaskan langkah itu kepada para wartawan mengatakan keputusan tersebut akan diambil dengan penangguhan selama enam bulan yang dimaksudkan untuk memberi waktu kepada Kongres untuk menangani masalah tersebut. Para anggota Kongres tidak terlibat dalam pelaksanaan program yang diciptakan melalui instruksi presiden oleh mantan Presiden Barack Obama tersebut.

Para pejabat juga mengingatkan bahwa Trump dapat berubah pikiran.

Penangguhan tindakan terhadap imigran illegal yang masuk ke Amerika pada waktu kanak-kanak yang disingkat DACA, telah memberi hampir 800 ribu orang penangguhan deportasi dengan memberi izin tinggal dua tahun yang dapat diperpanjang bagi pemohon yang memenuhi syarat. [gp]