Puluhan Muslim Gelar Demo Menentang Larangan Berhijab dalam Kelas di India

Umat Islam di depan Kedutaan Besar India di Jakarta pada 13 Maret 2020, mengutuk serangan terhadap Muslim India. (Foto: AFP/Bay ismoyo)

Puluhan Muslim, Selasa, (22/2), menggelar aksi protes di sekitar Konsulat Jenderal India di Jakarta, menentang larangan berhijab di negara bagian Karnataka, India.

Para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan dan membawa spanduk-spanduk dan poster-poster yang bertuliskan bahasa Inggris yang intinya mengatakan "Semangat solidaritas dengan saudara perempuan kami di Karnataka" dan "Hijab adalah identitas kami. Pendidikan adalah hak kami”.

Perdebatan soal hijab dimulai ketika sejumlah mahasiswa perempuan Muslim dilarang menghadiri kelas mereka di sebuah perguruan tinggi negeri di Distrik Udupi di barat daya provinsi Karnataka bulan lalu karena mereka mengenakan hijab. Larangan itu kemudian menyebar ke beberapa perguruan tinggi lain sehingga memicu munculnya aksi protes Muslim.

BACA JUGA: Di India, Beberapa Siswa Muslim Berhijab Dilarang Masuk Kelas

Aksi protes Muslim ditanggapi dengan berbagai aksi protes mahasiswa Hindu. Beberapa dari mereka bahkan muncul mengenakan selendang warna kuning keemasan -- yang erat dengan simbol-simbol Hindu -- untuk memprotes perempuan Muslim yang mengenakan hijab.

Pemerintah Karnataka terpaksa mengambil keputusan menutup banyak sekolah setelah aksi protes pelajar Hindu terhadap perempuan Muslim yang mengenakan hijab di dalam kelas meningkat dan mengarah ke kekerasan.

Demonstrasi kemudian menyebar ke negara-negara yang mayoritas penduduknya Muslim, termasuk Indonesia. [ab/uh]