Ratusan Petugas Berjuang Padamkan Kebakaran Hutan di Madeira, Portugal

Pemandangan wilayah Ribeira Brava, Madeira, Portugal, yang dilanda kebakaran dalam potongan gambar dari video yang diambil dengan drone pada 18 Agustus 2024. (Foto: Drone Ilha Da Madeira via Reuters)

Ratusan pemadam kebakaran Portugal pada Minggu (18/8) berjuang untuk mengatasi kebakaran hutan yang melanda beberapa bagian pesisir selatan pulau Madeira di kawasan Atlantik, yang merupakan destinasi wisata populer. Para petugas menghadapi angin kencang yang mempersulit upaya untuk mengatasi kebakaran.

Kebakaran tersebut, yang dimulai sejak Rabu (14/8) di desa terpencil Ribeira Brava telah merambat ke kota tetangganya, Camara de Lobos, dan sekarang telah menjalar ke tiga arah, kata pihak berwenang di pulau itu.

Hampir 200 petugas, didukung oleh 38 kendaraan, diturunkan untuk menangani kebakaran itu. Tetapi suhu tinggi, kelembaban yang rendah dan angin kencang mempersulit upaya memadamkan kobaran api. Sebuah helikopter juga berupaya mengatasi kebakaran tetapi telah berhenti beroperasi begitu malam tiba.

BACA JUGA: Kebakaran Hutan di Barat dan Utara Turki Berhasil Dikendalikan

“Kebakaran ini, yang sangat berbahaya, saya tidak meragukan bahwa ini disebabkan oleh pelaku pembakaran di daerah yang tidak dapat diakses di mana dukungan udara tidak dapat beroperasi,” kata kepala pemerintah regional Madeira, Miguel Albuquerque, kepada wartawan.

Tidak ada korban luka atau korban jiwa yang dilaporkan, tetapi 160 orang telah dievakuasi sebagai tindakan pencegahan, ujarnya.

Seluruh pesisir Madeira – wilayah otonom di Portugal yang berpenduduk sekitar 250 ribu orang – telah ditetapkan dalam tingkat siaga tertinggi kedua, hingga Senin (19/8), karena suhu yang tinggi.

Menurut badan cuaca IPMA, suhu di Madeira mencapai 30 derajat Celsius dalam beberapa hari terakhir. Angin kencang yang memperbesar kobaran api telah menyebabkan puluhan penerbangan dibatalkan.

Portugal mengirim satu pasukan beranggotakan 76 petugas pemadam kebakaran ke Madeira pada hari Sabtu, sedangkan kepulauan tetangganya, Azores, dijadwalkan mengirimkan 15 petugas pemadam pada Minggu malam. [uh/ka]