Rusia Kembali Tangkis Serangan Drone Ukraina di Krimea dan Moskow

Para penyelidik sedang memeriksa atap yang rusak menyusul laporan tentang drone Ukraina yang ditembak jatuh di Moskow, Rusia, 18 Agustus 2023. (Foto: Shamil Zhumatov/Reuters)

Sistem pertahanan udara Rusia pada Minggu (17/9) dini hari dibuat sibuk oleh sejumlah serangan pesawat nirawak atau drone Ukraina di lepas pantai Krimea dan di distrik Istrat di Moskow, Rusia.

Dilansir dari Reuters, Kementerian Pertahanan Rusia melalui aplikasi berbagi pesan Telegram mengatakan pihaknya menembak jatuh enam drone yang diluncurkan Ukraina di lepas pantai bagian barat Krimea. Namun pihak kementerian tidak mengatakan apakah ada kerusakan atau korban jiwa dari serangan tersebut.

Rusia mengatakan drone-drone tersebut juga menargetkan Moskow, mengganggu lalu lintas udara di ibu kota, dan menyebabkan kebakaran di depot minyak di barat daya negara tersebut.

Reuters tidak bisa memverifikasi secara independen laporan serangan itu.

Rusia mencaplok Semenanjung Krimea dari Ukraina pada 2014 yang memicu kecaman luas.

Sementara itu, Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin mengatakan sistem pertahanan Rusia menembak jatuh satu drone Ukraina di distrik Istra di Ibu Kota Rusia pada Minggu dini hari.

“Menurut informasi awal, tidak ada kerusakan atau korban jiwa di lokasi di mana puing-puing berjatuhan,” kata Sobyanin melalui Telegram. [ft/ah]