Rusia Tingkatkan Upaya Diplomatik bagi Perundingan Suriah

Wakil Menlu Suriah, Faisal Mekdad (depan) meninggalkan kantor Kementerian Luar Negeri Rusia di Moskow pasca pembicaraan tertutup, Senin (18/11).

Pemerintah Rusia menjadi tuan rumah pembicaraan tertutup dengan diplomat-diplomat Suriah di Moskow hari Senin (18/11).
Rusia menjadi tuan rumah pembicaraan tertutup hari Senin dengan diplomat-diplomat Suriah dalam upaya baru bagi konferensi perdamaian Suriah di mana Rusia mengatakan Iran juga harus berperan.

Utusan Presiden Bashar al-Assad memulai perundingan di Moskow selagi Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan di Vilnius, Lithuania, bahwa ia berharap diselenggarakannya pertemuan yang disebut konferensi Jenewa II pada pertengahan bulan Desember.

Wakil Menlu Rusia Mikhail Bogdanov mengatakan pemerintahnya "menganggap Iran sebagai mitra yang sangat penting dalam semua urusan Timur Tengah'' dalam komentarnya pada awal pembicaraan terpisah dengan Wakil Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir - Abdollahian.

Pihak Oposisi Suriah mengatakan Rusia juga mengundang Presiden Koalisi Nasional Suriah Ahmed Jarba untuk berkunjung selama tiga hari, bertepatan dengan kunjungan pejabat-pejabat rezim Suriah itu.