Sahabat Suriah Sepakat Perundingan Damai Satu-Satunya Pilihan

Menlu Perancis Laurent Fabius (tengah) berbicara dalam pertemuan tingkat Menteri 11 negara sahabat Suriah di Paris (12/1).

11 negara Barat dan Teluk Arab di Paris hari Minggu (12/1) sepakat bahwa satu-satunya cara untuk mencapai solusi politik di Suriah adalah lewat perundingan damai.
Diplomat tinggi Perancis mengatakan menteri-menteri dari 11 negara Barat dan Teluk Arab yang mengadakan pertemuan di Paris hari Minggu sepakat bahwa satu-satunya cara untuk mencapai solusi politik di Suriah adalah lewat perundingan damai yang dijadwalkan berlangsung pekan depan di Swiss.

Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius yang berbicara atas nama “Sahabat Suriah” – aliansi negara-negara yang mendukung kelompok oposisi Suriah – mengatakan konferensi perdamaian mendatang adalah untuk menciptakan pemerintahan transisi bagi Suriah “dengan kekuatan eksekutif penuh”.

Tetapi pemimpin kelompok oposisi utama “Koalisi Nasional Suriah” SNC Ahmed Jarba – yang berbicara di samping Fabius – tidak menunjukkan apakah SNC akan menghadiri perundingan “Jenewa 2” di kota Montreaux Swiss itu.

SNC yang merupakan konfederasi para gerilyawan yang didukung Barat terpecah tajam soal apakah akan datang atau tidak dalam konferensi itu, dan mengatakan baru akan mengumumkan keputusannya pada 17 Januari mendatang.