Sekjen PBB Pimpin Penggalangan Bantuan untuk Yaman

Sekjen PBB Antonio Guterres memberikan keterangan kepada media seusai KTT untuk Krisis Kemanusiaan di Yaman, di Jenewa, Swiss, 3 April 2018.

Sekretaris Jenderal PBB bergabung dengan para pejabat tinggi dari puluhan negara dalam sebuah konferensi untuk menjanjikan bantuan bagi Yaman yang dilanda perang, konflik yang relatif diabaikan yang telah menewaskan ribuan orang dan menciptakan salah satu krisis kemanusiaan terbesar di dunia.

Swedia dan Swiss bergabung dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Sekretaris Jenderal Antonio Guterres untuk menjadi tuan rumah acara sehari penuh yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan memobilisasi sumber daya di tengah-tengah situasi yang memburuk di negara Jazirah Arab yang miskin itu.

Baca juga: Fasilitas Bantuan Kemanusiaan di Yaman Terbakar

Pertemuan hari Selasa itu (3/4) diharapkan bisa mengumpulkan dana sebesar US$2,96 miliar untuk memberikan bantuan dan perlindungan bagi rakyat Yaman.

Sebuah koalisi yang dipimpin oleh Arab Saudi telah berperang melawan gerilyawan Syiah sekutu Iran selama lebih dari tiga tahun dalam konflik yang telah menewaskan lebih dari 10.000 orang dan menyebabkan 22,2 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan. [lt]