Serangan Maut Rusia Hantam Kramatorsk

Petugas polisi dan petugas penyelamat berjalan di depan restoran RIA Pizza yang hancur akibat serangan Rusia di Kramatorsk, Ukraina, Selasa, 27 Juni 2023. (Foto: via AP)

Para pejabat Ukraina pada Rabu (28/6) mengatakan serangan rudal Rusia terhadap Kota Kramatorsk menewaskan sedikitnya sembilan orang dan melukai lebih dari 50 lainnya.

Dinas layanan darurat memposting foto-foto tim penyelamat memeriksa puing-puing di lokasi serangan yang mencakup sebuah restoran.

Kramatorsk terletak di sebelah barat garis depan di mana pertempuran berlangsung di Provinsi Donetsk, Ukraina Timur.

Serangan Rusia terhadap stasiun kereta kota itu pada April 2022 menewaskan 63 orang.

Ukraina juga melaporkan serangan rudal Rusia pada Selasa di Kremenchuk, yang berlangsung tepat satu tahun setelah serangan Rusia di sana menewaskan sedikitnya 20 orang di sebuah pusat perbelanjaan.

“Setiap manifestasi teror semacam itu lagi-lagi merupakan bukti bagi kita dan seluruh dunia bahwa Rusia hanya patut mendapatkan satu hal sebagai akibat semua yang telah dilakukannya – kekalahan dan pengadilan, pengadilan yang adil dan sah terhadap semua pembunuh dan teroris Rusia,” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam pidato hariannya pada Selasa malam. [uh/ab]