“Stereophonic” Raih Tony Awards

  • Associated Press

Adam Greenfield dan David Adjmi bersama anggota "Stereophonic" menerima penghargaan untuk permainan terbaik dalam Tony Awards ke-77 di New York pada Minggu, 16 Juni 2024. (Foto: AP)

“Stereophonic,” sebuah drama tentang band – mirip Fleetwood Mac – yang merekam album dalam tahun yang penuh gejolak dan perubahan hidup, mendapat sambutan hangat di Tony Awards pada Minggu (16/6). “Stereophonic” berhasil memenangkan penghargaan untuk kategori drama baru terbaik, penampilan aktor terbaik dalam drama, sutradara terbaik, dan penulis notasi musik terbaik.

“Stereophonic,” drama yang paling banyak mendapat nominasi dalam sejarah Tony Awards adalah sebuah meditasi hiper-naturalistik tentang sensasi dan bahaya berkolaborasi dalam seni, karena melibatkan kompromi, ego dan kegembiraan. “Stereophonic” ditulis oleh David Adjmi, sementara komposisi lagu dibuat mantan anggota Arcade Fire, Will Butler.

Adjmi mengatakan dibutuhkan waktu sebelas tahun untuk mewujudkan drama itu. “Untuk sampai di sini, kami melakukan perjalanan sangat sulit. Kita perlu mendanai seni di Amerika.” Adjmi mendedikasikan penghargaan yang diraihnya itu bagi semua artis dan seniman di luar sana.

David Adjmi, John Johnson, Sue Wagner, Ryan Rumery, Will Butler, David Zinn, Will Brill, Daniel Aukin berpose dengan penghargaan untuk Best Play untuk "Stereophonic" di Tony Awards ke-77 tahunan di New York City, AS, pada 16 Juni 2024. (Foto: REUTERS/Eduardo Munoz)

Danya Taymor, keponakan Julie Taymor, perempuan pertama yang memenangkan Tony Awards sebagai sutradara drama musik, menjadi perempuan ke-11 yang memenangkan penghargaan bergengsi itu. Taymor menyutradarai “The Outsiders,” sebuah adaptasi musical dari novel klasik dewasa muda Amerika. “Terima kasih kepada semua perempuan hebat yang telah membesarkan hati saya,” ujar Taymor seraya menyebut nama Angelina Jolie, satu dari banyak perempuan yang ada dalam daftarnya.

Sementara itu Shaina Taub, menjadi perempuan kedua dalam sejarah Broadway yang menulis, mengarang dan membintangi musikal Broadway. Ia meraih anugrah skor terbaik, mengikuti penulis komposisi lagu seperti Cyndi Lauper, Lisa Kron dan Jeanine Tesori. Drama musikalnya berkisah tentang tahun-tahun terakhir perjuangan heroik agar perempuan diizinkan memberikan suara dalam pemilu, yang kemudian mengarah pada pengesahan Amandemen ke-19 Konstitusi AS. [em/ah]