Tayangkan Dokumenter Pelecehan Anak oleh Michael Jackson, HBO Digugat

  • Associated Press

Ucapan-ucapan mendukung Michael Jackson tampak di luar pemutaran perdana film dokumenter tentang Raja Pop itu, 'Leaving Neverland' dalam 2019 Sundance Film Festival, di Park City, Utah, 25 Januari 2019.

Ahli waris mendiang Michael Jackson pada Kamis (21/2) menggugat HBO (Home Box Office) karena menayangkan film dokumenter tentang dua pria yang menuduh superstar pop itu melakukan pelecehan saat mereka masih kecil. Pihak pewaris mengatakan film tersebut melanggar kontrak yang dibuat pada 1992 untuk menayangkan konser Jackson.

Gugatan yang diajukan pada Pengadilan Tinggi Los Angeles itu mengatakan dengan memproduksi dan menyiarkan “Leaving Neverland”, yang akan dilakukan pada bulan depan, saluran televisi kabel itu melanggar kesepakatan untuk tidak mencemarkan nama sang penyanyi, kantor berita Associated Press melaporkan.

Kontrak yang sudah berlangsung beberapa dekade ini memungkinkan HBO menayangkan “Konser Michael Jackson di Bukares: The Dangerous Tour” dan termasuk di dalamnya bahwa pihak HBO tidak akan menghina Jackson di masa depan.

Menurut gugatan itu, film dokumenter itu menyiratkan Jackson melecehkan anak-anak pada saat tur yang sama, dimana rekaman konser berasal.

“Sulit membayangkan bahwa itu bukanlah sebuah pelanggaran mencemarkan nama jika dilihat dari klausanya,” kata gugatan itu, yang meminta pengadilan untuk memerintahkan arbitrase dan mengatakan kerugiannya bisa melebihi $100 juta (Rp 1,4 miliar).

Film itu ditayangkan perdana pada Januari di Sundance Film Festival. Tokoh utamanya, Wade Robson dan James Safechuck, mendapat tepuk tangan meriah dan kemudian memberikan beberapa pernyataan bersama dengan sutradara Dan Reed. Serial pertama dari film dokumenter berdurasi empat jam ini akan tayang perdana di HBO pada 3 Maret. Serial kedua akan ditayangkan pada malam berikutnya. Channel 4 Inggris akan menayangkannya di sekitar waktu yang sama.

“Meskipun ada upaya untuk menyabotase film ini, rencana kami tetap tidak berubah, HBO akan tetap menyiarkan ‘Leaving Neverland’,” kata HBO dalam sebuah pernyataan pada Kamis.

HBO tidak menanggapi tuduhan pelanggaran kontrak tersebut. [er/ft]