Tersangka Penjahat Perang Nazi Meninggal di Kanada

Pusat Simon Wiesenthal di Los Angeles yang mengoperasikan Museum Toleransi dan lembaga riset, salah satunya berisi daftar para penjahat perang Nazi paling diburu.

Vladimir Katriuk adalah sosok nomor dua dalam daftar Pusat Simon Wiesenthal yang berisi para penjahat perang Nazi yang paling diburu.

Seorang laki-laki yang diduga sebagai penjahat perang Nazi yang diburu Rusia karena pembantaian tahun 1943, telah meninggal dunia di Quebec, Canada pada usia 93 tahun karena stroke.

Vladimir Katriuk adalah sosok nomor dua dalam daftar Pusat Simon Wiesenthal yang berisi para penjahat perang Nazi yang paling diburu.

Russia telah meminta kepada pemerintahan Perdana Menteri Stephen Harper untuk mengekstradisi Katriuk.

Katriuk diduga terlibat dalam pembunuhan warga sipil di desa Khatyn di Soviet, yang kini menjadi bagian dari Belarus. Penduduk desa dikunci di dalam sebuah lumbung yang kemudian dibakar. Katriuk dituduh menembak mati para warga desa yang berlarian dari lumbung yang terbakar itu.

Katriuk pindah ke Kanada tahun 1951 dan menghabiskan sisa hidupnya sebagai peternak lebah. Dia menolak untuk membahas tentang tuduhan kejahatan perang itu.

Sebuah pengadilan Kanada mencabut kewarganegaraannya karena Katriuk tidak mengungkapkan keterlibatannya dengan Nazi ketika pindah ke Kanada. Tetapi pemerintahan Harper membatalkan pencabutan itu karena kurang cukupnya bukti keterlibatannya dalam kejahatan perang.