Tertuduh Pembocor Dokumen Rahasia Militer Mengaku Tidak Bersalah

Jack Douglas Teixeira, anggota Garda Nasional Angkatan Udara AS yang dituduh membocorkan catatan intelijen militer yang sangat rahasia secara online (mengenakan pakaian oranye), pada sidang pendahuluan di Boston, Massachusetts, AS, 19 April, 2023. (REUTERS/Margaret Small)

Anggota Garda Nasional Angkatan Udara AS yang dituduh membocorkan dokumen militer yang sangat rahasia di platform media sosial telah mengaku tidak bersalah atas tuduhan kejahatan federal.

Jack Teixeira (21 tahun) mengajukan pembelaan tidak bersalah dalam sidang hari Rabu (21/6) di pengadilan federal Massachusetts beberapa hari setelah dewan juri mengenakan enam dakwaan dengan sengaja penyimpanan dan pengiriman informasi pertahanan nasional.

Teixeira dituduh membagikan dokumen rahasia militer tentang perang Rusia di Ukraina dan topik-topik sensitif lainnya tentang keamanan nasional di Discord, sebuah platform media sosial yang populer di kalangan para pemain game online.

Seorang hakim memerintahkan Teixeira untuk tetap mendekam di penjara sambil menunggu sidang yang belum diumumkan tanggalnya. [lt/ab]