Tertuduh Pemerkosa Tewas Gantung Diri dalam Tahanan di India

Seorang polisi India tengah berjaga di depan pintu gerbang pengadilan saat berlangsungnya pengadilan atas komplotan pelaku pemerkosaan di atas bus di New Delhi, India (Foto: dok). Salah seorang dari ke-6 pria pelaku pemerkosaan tersebut dikabarkan tewas gantung diri dalam tahanan India, Senin (11/3).

Polisi India mengatakan seorang dari pria yang dituduh komplotan pemerkosa seorang mahasiswa wanita di sebuah bis di New Delhi telah bunuh diri dalam tahanan.
Seorang pejabat di tahanan Tihar mengatakan Ram Singh gantung diri dengan menggunakan pakaiannya sendiri Senin pagi (11/3).

Namun, orangtua dan pengacara Singh mengatakan Singh dibunuh dalam penjara, dan bahwa cedera lama di tangannya membuatnya tidak mampu menggantung dirinya.

Menurut ayah Singh, anaknya mengatakan kepadanya bahwa dia telah disodomi oleh tahanan lain yang telah berulangkali mengancam nyawanya.

Singh adalah pemimpin komplotan lima pria dan seorang remaja pelaku pemerkosa di dalam bus di New Delhi. Peradilan jalur cepat untuk ke-5 pria dewasa itu mulai bulan lalu sementara peradilan remaja tadi mulai pekan lalu.

Singh dituduh menyetir bis dimana mahasiswi berusia 23 tahun itu diperkosa selama lebih dua jam bulan Desember. Luka-luka dalam yang dideritanya sangat parah sehingga dia meninggal dunia dua minggu kemudian.