Panel AS Tak Anjurkan Tes Rutin bagi Kanker Prostat

Operasi kanker prostat di University of Chicago Medical Center, Chicago (foto: dok). Panel AS tidak menganjurkan pria sehat melakukan tes rutin kanker prostat.

Sebuah panel pemerintah AS Senin tidak menganjurkan agar pria sehat menjalani tes rutin untuk kanker prostat - tes tahunan yang dilakukan oleh jutaan pria.
Satuan Tugas Layanan Pencegahan, yang memberi saran kepada para pejabat kesehatan AS, menyatakan tes darah sederhana yang disebut PSA mungkin lebih berbahaya daripada bermanfaat pada pria sehat.

Para penasehat itu mengatakan tes tersebut tidak dapat membedakan tumor kecil yang tidak fatal dengan tumor yang tumbuh cepat yang berkembang menjadi kanker. Dampaknya, menurut mereka, banyak pria menjalani pengobatan kanker yang sebenarnya tidak perlu dan menyebabkan mereka impoten atau tidak mampu menahan kencing.

Beberapa pakar urologi AS sangat menentang rekomendasi panel itu dengan mengatakan banyak pria mungkin menderita dan meninggal dalam kesakitan tanpa tes tersebut.

Kanker prostat membunuh sekitar 30.000 pria Amerika setiap tahun.

Banyak pria berumur 50 tahun ke atas terserang kanker prostat. Tapi penyakit ini sering berkembang sangat lambat sehingga banyak korban tidak pernah tahu mereka telah terserang dan sering meninggal bukan karena kanker prostat.