Tidak Ada Kerusakan Setelah Ledakan di Fasilitas TSMC di Arizona

Logo Perusahaan Manufaktur Semikonduktor Taiwan (TSMC) terliha di Hsinchu pada 28 Juli 2023. (Foto: AFP)

Produsen cip Taiwan TSMC pada Kamis 916/5) mengatakan tidak ada kerusakan pada fasilitasnya setelah terjadi insiden di sebuah lokasi pembangunan pabriknya di Arizona, di mana seorang supir truk sampah dibawa ke rumah sakit.

Para petugas pemadam kebakaran menanggapi laporan mengenai ledakan pada Rabu sore di pabrik Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) di Phoenix, lapor the Arizona Republic yang mengutip dinas pemadam kebakaran setempat.

TSMC, kontraktor pembuat cip terbesar di dunia yang kliennya antara lain adalah Apple dan Nvidia, mengemukakan dalam sebuah pernyataan bahwa tak seorang pun karyawannya maupun pekerja konstruksi di tempat itu yang melaporkan tentang cedera terkait insiden tersebut.

Your browser doesn’t support HTML5

Gubernur Arizona: Pembangunan Pabrik Semikondutor Taiwan Sesuai Jadwal

“Ada investigasi aktif tanpa rincian lain yang dapat dibagikan sekarang ini,” lanjut TSMC.

Saham TSMC yang terdaftar di Taipei turun dan memangkas kenaikan sebelumnya setelah berita itu muncul. Harga saham TSMC berakhir dengan kenaikan sekitar 0,8% pada Kamis pagi. TSMC bulan lalu setuju untuk memperluas rencana investasinya sebesar $25 miliar menjadi $65 miliar dan akan menambah fasilitas ketiga di Arizona pada 2030.

Perusahaan itu akan memproduksi teknologi 2 nanometer yang paling canggih di dunia di fasilitasnya yang kedua di Arizona, yang diperkirakan akan mulai berproduksi pada tahun 2028. [uh/lt]