Tim Gabungan Kasus TKI Sumiati Bertolak ke Arab Saudi

Tiga aktivis melakukan aksi mogok makan di depan kedutaan Arab Saudi sebagai protes atas penyiksaan terhadap TKI Indonesia (foto: dok).

Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar memimpin delegasi ini. Tim akan mengunjungi Sumiati di Madinah, di mana ia dirawat.

Tim Gabungan Penanganan Kasus Tenaga Kerja Indonesia berangkat ke Arab Saudi pada Kamis malam atau paling lambat Jumat, untuk menyelesaikan kasus Sumiati, yang dilaporkan disiksa dengan kejam oleh majikannya di kerajaan di padang pasir itu.

Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar memimpin delegasi ini. Ia akan disertai oleh para pejabat dari kementeriannya, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Kementerian Luar Negeri.

Tim akan mengunjungi Madinah, di mana Sumiati sedang dirawat. Laporan-laporan menyebut Sumiati dipukuli dengan kejam dan disayat di daerah di sekitar bibir dan wajahnya dengan menggunakan gunting oleh istri majikannya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengikuti dengan seksama kasus ini, yang membawa isu penyiksaan terhadap TKI di luar negeri, kembali dalam sorotan.