Uni Eropa Peringatkan AS soal Tarif Impor Mobil

Mobil-mobil Volkswagen di pabrik VW di Wolfsburg, Jerman (foto: ilustrasi). Uni Eropa mengatakan tarif yang diberlakukan AS pada mobil dan suku cadang mobil Eropa tidak dapat dibenarkan.

Uni Eropa telah memperingatkan Amerika Serikat bahwa memberlakukan tarif pada mobil akan berakhir dengan menyakiti ekonomi Amerika sendiri dan mungkin akan menimbulkan tindakan pembalasan dari mitra-mitra dagangnya.

Dalam sebuah surat yang dikirimkan kepada Departemen Perdagangan Amerika hari Jumat (29/6), Uni Eropa mengatakan tarif pada mobil dan suku cadang mobil Eropa tidak dapat dibenarkan.

Presiden Amerika Donald Trump telah mengusulkan untuk mengenakan bea masuk 20 persen atas impor mobil Uni Eropa, dengan alasan kekhawatiran keamanan nasional. Tidak jelas apa yang dimaksudkan dengan kekhawatiran itu.

Baca juga: Trump: Eropa Mungkin Sama Buruk dengan China dalam Perdagangan

Industri mobil Eropa di Amerika Serikat mendukung sekitar 120.000 pekerja di pabrik-pabriknya yang terutama tersebar di wilayah selatan Amerika. Perang tarif dapat berdampak negatif terhadap tersedianya lapangan kerja di wilayah yang dikenal sebagai pendukung Presiden Trump itu. [lt]