Utusan AS, Korea Selatan Bahas Rencana KTT Trump-Kim Kedua

Utusan khusus Amerika, Stephen Biegun (kiri) dan Penasihat Keamanan Nasional Korea Selatan Chung Eui-yong dalam pertemuan di Seoul, Senin (4/2).

Utusan khusus Amerika untuk Korea Utara bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional Korea Selatan, di Seoul hari Senin (4/2), untuk membicarakan sebuah rencana pertemuan kedua antara Presiden Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, kata kantor kepresidenan di Seoul.

Stephen Biegun menjelaskan kepada Chung Eui-yong mengenai sikap Amerika terhadap Korea Utara menjelang KTT, kata Kepala Gedung Biru dalam sebuah pernyataan.

Ada dugaan Biegun akan bertemu dengan mitranya dari Korea Utara di desa perbatasan Korea, Panmunjom, atau di ibukota Korea Utara, Pyongyang, pekan ini.

Gedung Biru tidak secara khusus mengatakan apa yang dibahas dalam pertemuan Senin, tetapi Chung mengatakan kepada Biegun bahwa Korea Selatan berharap pembicaraan yang direncanakan antara AS dan Korea Utara akan membuka jalan bagi KTT yang sukses. Biegun tiba di Seoul hari Minggu dan juga mengadakan pembicaraan dengan pejabat Kementerian Luar Negeri Korea Selatan Lee Do-hoon.

Trump dan Kim bertemu Juni tahun lalu di Singapura, di mana mereka menyampaikan aspirasi yang tidak jelas mengenai Semenanjung Korea yang bebas nuklir, tanpa menjelaskan kapan atau bagaimana akan dilakukan.

Dalam wawancaranya dalam acara “Face the Nation”di CBS, Trump mengatakan, pertemuan kedua dengan Kim “sudah dijadwalkan”, tetapi tidak merinci lebih jauh. Ia mengatakan, “ada peluang sangat bagus bahwa kami akan mencapai kesepakatan.'' (ps/ab)