Utusan Khusus AS untuk Korut Melawat ke Pyongyang

Utusan Khusus AS untuk Korea Utara Stephen Biegun dikelilingi oleh para wartawan saat tiba di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan, 3 Februari 2019.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan, Senin (4/2), utusan khusus Amerika untuk Korea Utara, Stephen Biegun, akan menuju Pyongyang pada Rabu (6/2), kantor berita AFP melaporkan.

Biegun berencana membahas KTT kedua antara Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang banyak diharapkan.

Selain mempersiapkan KTT, pembicaraan Stephen Biegun dengan pejabat Korea Utara, Kim Hyok Chol, akan menghasilkan kemajuan lebih lanjut dalam komitmen yang dibuat Presiden Trump dan Kim Jong Un di Singapura, yaitu denuklirisasi menyeluruh, transformasi hubungan Amerika-Korea Utara dan membangun perdamaian yang abadi di semenanjung Korea, kata sebuah pernyataan.

Dalam wawancara dengan jaringan televisi CBS pada Minggu (3/2), Presiden Trump mengatakan tanggal dan lokasi KTT ke-2 sudah disepakati dan kemungkinan akan diumumkan sebelum atau sewaktu ia mengucapkan pidato kenegaraan di Kongres pada Selasa (5/2).

Vietnam dipandang sebagai kemungkinan besar lokasi KTT itu yang diperkirakan akan diadakan bulan ini.

Pekan lalu direktur Badan Intelijen Nasional Amerika, Dan Coats mengatakan di Kongres bahwa tidak ada kemungkinan Korea Utara bakal melenyapkan semua senjata nuklir dan kapasitasnya untuk membuat senjata itu. [al]