3 Warga Palestina Tewas Ditembak Tank Israel

Para pelayat mengusung peti jenazah seorang militan Palestina yang tewas tertembak tank Israel dalam upacara pemakanan di bagian selatan Jalur Gaza, 27 Mei 2018.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan tiga warga Palestina tewas akibat tembakan tank Israel di Jalur Gaza sebelah selatan, Minggu (27/5). Kelompok militan ‘Jihad Islami’ mengklaim ketiganya sebagai anggotanya.

Militer Israel IDF membenarkan adanya serangan itu, mengatakan tembakan tank itu dilepaskan setelah pasukannya meledakkan bahan peledak yang dipasang militan dekat pagar perbatasan.

Israel mengatakan dalam pernyataan: “Bahan peledak itu dipasang semalam dekat pagar perbatasan di Jalur Gaza sebelah selatan untuk mencelakakan pasukan yang beroperasi di wilayah itu dan telah dinetralisir pagi ini oleh pasukan IDF.”

Pasukan pertahanan mengatakan melalui cuitan, “Tentara IDF dilaporkan tidak ada yang cedera. Sebagai balasan, sebuah tank IDF menarget sebuah pos pengawas militer di Jalur Gaza sebelah selatan.”

Sedikitnya 118 warga Palestina telah tewas akibat tembakan Israel di Jalur Gaza sejak protes massal dan bentrokan pecah pada Maret. [vm/ds]