WHO Nyatakan Wabah Ebola Kedua di Guinea Sudah Berakhir

Seorang petugas kesehatan sedang menyuntikkan vaksin Ebola untuk seorang warga di Gueckedou, Guinea, 23 Februari 2021.

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organisation/WHO) pada Sabtu (19/6) secara resmi mengumumkan berakhirnya wabah Ebola kedua di Guinea. Wabah itu dinyatakan pada Februari dan telah menewaskan 12 orang.

Menurut data WHO, terdapat 16 kasus yang dikonfirmasi dan tujuh dugaan infeksi. Rendahnya jumlah kasus terbaru itu berkat pengalaman dari epidemi 2013-2016, yang menewaskan lebih dari 11.300 orang, kebanyakan di Guinea, Liberia dan Sierra Leone.

Hanya 12 orang meninggal dunia kali ini.

"Saya mendapat kehormatan untuk menyatakan berakhirnya Ebola," di Guinea, kata pejabat WHO Alfred Ki-Zerbo dalam sebuah upacara di kawasan Nzerekore, di mana penyakit itu muncul pada akhir Januari.

Peraturan internasional mengharuskan Guinea menunggu 42 hari atau dua kali periode inkubasi virus tanpa kasus baru sebelum menyatakan epidemi telah berakhir.

Seorang pejabat senior Kementerian Kesehatan Guinea mengatakan kepada AFP bahwa penantian itu berakhir Jumat (18/6), beberapa minggu setelah pasien terakhir dinyatakan sembuh pada 8 Mei. [vm/ft]