Zelenskyy Tegaskan Kembali Perlunya Pertahanan Udara yang Kuat

  • Associated Press

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy hadir dalam konferensi pers di Kyiv, pada 15 Juli 2024. (Foto: AP/Efrem Lukatsky)

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Minggu (11/8) menegaskan kembali perlunya pertahanan udara yang kuat di tengah berlanjutnya serangan mematikan Rusia.

Serangan terbaru Rusia menewaskan seorang ayah dan putranya yang berusia empat tahun di pinggiran Kota Kyiv.

Dalam pidato hariannya pada Minggu malam, Zelenskyy berkata: “Di semua tingkat, kita harus terus memberi tahu mitra kita apa yang diperlukan untuk memproteksi angkasa Ukraina dari drone dan rudal Shahed, termasuk rudal Korea Utara. Tadi malam, pasukan kita menembak jatuh lebih dari lima puluh drone Shahed. Ada juga empat rudal balistik, Rusia meluncurkannya dari wilayah Voronezh. Kami mendokumentasikan semua lokasi tempat militer Rusia melancarkan serangan, termasuk wilayah Belgorod, wilayah Kursk, dan wilayah lainnya.”

BACA JUGA: Presiden Ukraina Secara Tidak Langsung Konfirmasi Serangan Militer ke Wilayah Rusia

Dia melanjutkan dengan menyerukan pasokan rudal jarak jauh yang dapat mencapai jauh ke dalam wilayah Rusia dan mencapai lokasi peluncuran Rusia.

Menurut Zelenskyy, para ahlinya telah mengidentifikasi dengan tepat jenis rudal tersebut, dan mengetahui secara pasti wilayah Rusia tempat rudal tersebut diluncurkan.

“Sangat adil bagi warga Ukraina untuk bisa merespons teror ini dengan cara yang diperlukan untuk menghentikannya,” katanya. [ab/ka]