Tautan-tautan Akses

Wahana Antariksa Rusia Soyuz Jemput Awak yang Terdampar di Ruang Angkasa


Wahana antariksa, Soyuz MS-23, lepas landas dari Kosmodrom Baikonour di Kazakhstan, Jumat, 24 Februari 2023. (Foto: Roscosmos via Reuters)
Wahana antariksa, Soyuz MS-23, lepas landas dari Kosmodrom Baikonour di Kazakhstan, Jumat, 24 Februari 2023. (Foto: Roscosmos via Reuters)

Wahana antariksa Rusia sudah tiba di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) untuk menjemput sejumlah awak yang terdampar di fasilitas itu, badan antariksa Rusia, Roscosmos, mengatakan pada Minggu (26/2) dini hari.

Soyuz MS-23 lepas landas dari pusat antariksa Baikonour di Kazakhstan pada Jumat (24/2) untuk menjemput kosmonaut Rusia, Sergey Prokopyev dan Dmitry Petelin, serta astronaut Amerika, Francisco Rubio pada September.

Ketiga awak itu seharusnya menyelesaikan misi mereka pada Maret. Namun mereka terjebak di ruang angkasa setelah sistem pendingin pada Soyuz MS-22, wahana antariksa yang membawa mereka, bocor dua bulan lalu. Soyuz MS-22 akan dikirim ke Bumi tanpa awak bulan depan.

“Hari ini, pukul 03.58 waktu Moskow (00.58 GMT), wahana antariksa tak berawak Soyuz MS-23 berlabuh di modul Poisk Stasiun Ruang Angkasa Internasional secara otomatis,” kata Roscosmos dalam pernyataannya yang dikirim melalui platform Telegram.

Poisk modul adalah modul untuk berlabuh di Stasiun Ruang Angkasa Internasional.

Kepala Eksekutif Roscosmos Yuri Borisov mengatakan program space walk atau kegiatan di luar wahana antariksa oleh kosmonaut Rusia berikutnya akan berlangsung pada April atau Mei.

Soyuz MS-23 membawa kargo tambahan seberat 429 kilogram ke stasiun itu. Kargo itu berisi keperluan untuk memperpanjang misi para astronaut, sejumlah badan Rusia melaporkan. [ft/ah]

Forum

XS
SM
MD
LG