Tautan-tautan Akses

AS Lakukan Pembicaraan dengan Rusia untuk Bebaskan Jurnalis


Evan Gershkovich, reporter Wall Street Journal, masih ditahan di Moskow, Rusia (foto: dok).
Evan Gershkovich, reporter Wall Street Journal, masih ditahan di Moskow, Rusia (foto: dok).

Presiden AS Joe Biden hari Kamis (13/7) mengatakan bahwa pembicaraan sedang dilakukan dengan Rusia untuk membebaskan reporter Wall Street Journal, Evan Gershkovich, yang ditahan lebih dari 100 hari di penjara Moskow atas tuduhan spionase, tuduhan itu dia bantah.

Kremlin awal bulan ini mengatakan, pihaknya terbuka untuk pertukaran tahanan lain dengan AS, yang akan membebaskan Gershkovich, mungkin dengan imbalan Vladimir Dunaev, orang Rusia yang ditahan AS atas tuduhan kejahatan dunia maya. Namun Moskow mengatakan perundingani harus dilakukan dengan rahasia.

Biden yang berbicara pada konferensi pers di Finlandia menjelaskan bahwa AS tertarik untuk melakukan pertukaran tahanan.

“Saya serius melakukan semua yang kami bisa untuk membebaskan orang Amerika yang ditahan secara ilegal di Rusia atau di mana pun dalam hal ini, dan proses itu sedang berlangsung.”

Gershkovich ditangkap atas tuduhan mata-mata di kota Yekaterinburg ketika dalam perjalanan peliputan. Pengadilan Moskow baru-baru ini menegaskan putusan untuk menahannya hingga 30 Agustus.

Rusia mengatakan, pertukaran tidak bisa dilaksanakan sampai tuduhan terhadapnya diputuskan, tetapi tidak ada tanggal persidangan yang ditetapkan. [ps/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG