Tautan-tautan Akses

FBI: Penembakan di Dekat Klub Golf Trump Tampaknya Percobaan Pembunuhan


Sejumlah petugas penegak hukum sedang bekerja di tempat kejadian penembakan di luar klub golf milik capres dari Partai Republik AS, Donald Trump, di West Palm Beach, Florida, Minggu, 15 September 2024. (Foto: Marco Bello/Reuters)
Sejumlah petugas penegak hukum sedang bekerja di tempat kejadian penembakan di luar klub golf milik capres dari Partai Republik AS, Donald Trump, di West Palm Beach, Florida, Minggu, 15 September 2024. (Foto: Marco Bello/Reuters)

Seorang pria bersenjatakan senapan jenis AK melepaskan tembakan senjata api ke arah klub golf Donald Trump di West Palm Beach, Florida, saat mantan presiden itu sedang bermain golf. Insiden tersebut mendorong Dinas Rahasia AS untuk melepaskan tembakan, menurut tiga pejabat penegak hukum.

Mantan presiden Trump dalam keadaan aman dan tidak terluka, dan Biro Investigasi Federal (Federal Investigation Bureau/FBI) mengatakan sedang menyelidiki “apa yang tampaknya merupakan percobaan pembunuhan” terhadap kandidat presiden dari Partai Republik tersebut.

Orang tersebut menjatuhkan senjata dan melarikan diri dengan sebuah mobil SUV dan kemudian ditangkap di daerah tidak jauh dari tempat kejadian perkara (TKP), kata para pejabat tersebut.

Mereka tidak berwenang untuk membahas penyelidikan yang sedang berlangsung dan berbicara kepada kantor berita The Associated Press dengan syarat tanpa diungkap indentitasnya.

Dua pejabat itu mengatakan sebuah senjata api jenis AK ditemukan di tempat kejadian dekat Trump International Golf Club West Palm Beach. Tidak ada laporan mengenai korban luka.

Insiden tersebut merupakan momen mengejutkan terbaru dalam tahun kampanye, dan terjadi sekitar dua bulan setelah Trump ditembak dalam upaya pembunuhan di sebuah kampanye di Pennsylvania, dan sebuah peluru menyerempet telinganya. Hanya seminggu kemudian, Presiden Joe Biden menarik diri dari pencalonan untuk jabatan keduanya.

Lapangan golf ditutup sebagian untuk Trump saat dia bermain. Para agen rahasia berdiri pada jarak beberapa holes atau lubang bola golf di depan Trump ketika mereka melihat orang yang membawa senjata api.

Donald Trump melambaikan tangan ke arah para demonstran saat bermain golf di Tumberry, Skotlandia, 14 Juli 2018. (Foto: Peter Morrison/AP Photo/arsip)
Donald Trump melambaikan tangan ke arah para demonstran saat bermain golf di Tumberry, Skotlandia, 14 Juli 2018. (Foto: Peter Morrison/AP Photo/arsip)

Ada beberapa area di sekeliling properti tempat para pegolf bisa terlihat dari pagar pembatas. Agen dan petugas Dinas Rahasia di kereta golf dan ATV umumnya mengamankan area beberapa holes di depan dan belakang Trump saat ia bermain golf. Para agen juga biasanya membawa kendaraan lapis baja ke lapangan untuk segera melindungi Trump jika ada ancaman.

Trump telah kembali ke Florida akhir pekan ini dari perjalanan ke Pantai Barat yang mencakup acara kampanye pada Jumat (13/9) malam di Las Vegas dan penggalangan dana di Utah. Tim kampanyenya tidak memberi tahu rencana Trump untuk Minggu (15/9). Ia sering menghabiskan pagi hari bermain golf, sebelum makan siang di klub, salah satu dari tiga klub yang dimilikinya di negara bagian Florida.

Upaya keamanan telah ditingkatkan untuk mantan presiden itu sejak upaya pembunuhan pada Juli. Ketika dia berada di Trump Tower di New York, sederet truk sampah diparkir sebagai pembatas di luar gedung itu. Para rapat-rapat umum di luar ruangan, ia kini berbicara dari balik pembatas kaca antipeluru.

Menurut sumber yang mengetahui insiden itu, Trump dievakuasi dengan selamat setelah insiden tersebut ke klub pribadinya Mar-a-Lago, tempat ia tinggal di Palm Beach.

Gedung Putih mengatakan Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris, calon presiden dari Partai Demokrat, telah diberi laporan dan akan terus diberi informasi terbaru tentang penyelidikan yang tengah berlangsung. Gedung Putih menambahkan bahwa mereka “lega” mengetahui Trump aman.

Harris, dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa ia “lega” Trump aman, seraya menambahkan bahwa “tida ada tempat untuk kekerasan di Amerika.”

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah di X, Lindsey Graham, senator Republik dari South Carolina, salah seorang sekutu utama Trump di Kongres, mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan Trump setelah insiden tersebut. dan Trump tampak “semangat”. Graham menambahkan bahwa Trump merupakan “salah seorang terkuat yang pernah saya kenal.”

Para agen FBI tampak di lokasi penembakan di luar Trump International Golf Club di West Palm Beach, Florida, menyusul insiden penembakan di klub itu, Minggu, 15 September 2024. (Foto: Chandan Khanna/AFP)
Para agen FBI tampak di lokasi penembakan di luar Trump International Golf Club di West Palm Beach, Florida, menyusul insiden penembakan di klub itu, Minggu, 15 September 2024. (Foto: Chandan Khanna/AFP)

Sheriff Martin County William D. Snyder mengatakan tersangka ditangkap beberapa menit setelah FBI, Secret Service, dan Kantor Sheriff Palm Beach County mengeluarkan “peringatan BOLO (be on the lookout) yang sangat mendesak” — atau “waspada” yang memerinci kendaraan tertentu yang dicari, nomor plat kendaraan, dan deskripsi penumpang.

Snyder mengatakan para deputinya “segera membanjiri” jalan raya I-95 arah utara, menyebar ke setiap pintu keluar antara batas Palm Beach County di selatan dan batas St. Lucie County di utara.

“Salah satu unit patroli jalan raya saya melihat kendaraan itu, mencocokkan pelat nomornya, dan kami menghentikan kendaraan itu,” kata Snyder, “Kami berhasil menghentikan mobil itu dengan aman, dan menahan pengemudinya.”

Trump dijadwalkan kembali berkampanye pada Selasa (17/9) di Flint, Michigan bersama mantan juru bicara Gedung Putih, Gubernur Arkansas Sarah Huckabee Sanders, dan dilanjutkan dengan kampanye di Long Island, New York pada Rabu (18/9)

Pada akhir pekan mendatang, dia dijadwalkan untuk hadir dan menyampaikan pidato pada KTT Nasional Dewan Amerika Israel di Washington, D.C., dan pada Sabtu (21/9) dia akan menghadiri acara kampanye di Wilmington, Carolina Utara. [lt/ka/ab/uh]

Forum

XS
SM
MD
LG