Tautan-tautan Akses

Perundingan Iklim COP28 Temui Jalan Buntu di Tengah Harapan dan Hambatan


Aktivis memegang plakat dan meneriakkan slogan-slogan saat melakukan aksi protes pada Konferensi Perubahan Iklim PBB COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu 6 Desember 2023.
Aktivis memegang plakat dan meneriakkan slogan-slogan saat melakukan aksi protes pada Konferensi Perubahan Iklim PBB COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu 6 Desember 2023.

Setelah tindakan cepat dan kesepakatan yang jarang terjadi pada hari pertama, para perunding pada pertemuan puncak iklim PBB (COP28) yang penting pada hari Rabu (6/12) mengakhiri minggu pertama mereka dengan kondisi yang tidak asing bagi mereka: masa suram di mana momentum dan hambatan saling terkait.

“Negosiasi, seperti yang sering terjadi, saat ini situasinya beragam. Kami melihat perbedaan besar antara masing-masing negara dalam beberapa bidang, tetapi ada keinginan untuk membuat kemajuan,” kata utusan iklim Jerman Jennifer Morgan.

Utusan Khusus AS John Kerry mengatakan, “Kami telah melakukan banyak hal dalam minggu pertama ini dan kami telah mencapai hal-hal nyata.”

Para pendukung yang menyerukan penghapusan bahan bakar fosil seperti minyak, gas, dan batu bara memiliki harapan untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir, namun mereka juga melihat kemungkinan dampaknya akan gagal. Isu-isu utama mengenai bantuan keuangan bagi negara-negara miskin untuk melakukan dekarbonisasi dan bagaimana beradaptasi pada pemanasan memerlukan lebih banyak upaya, kata para pejabat.

Suasana demikian berbeda dengan hari pertama ketika konferensi tersebut memberlakukan dana kompensasi iklim – yang disebut kerugian dan kerusakan – dan mulai menghasilkan dana yang bertambah hingga lebih dari $720 juta.

Kepala urusan Iklim PBB Simon Stiell pada hari Rabu memperingatkan agar peserta konferensi tidak menganggap kemenangan tersebut telah selesai dan menganggapnya telah memecahkan masalah bantuan keuangan bernilai triliunan dolar yang diperlukan untuk membantu mengurangi emisi di seluruh dunia.

Diskusi-diskusi terfokus pada apa yang disebut sebagai Global Stocktake (evaluasi dan pencatatan global) – suatu status di mana negara-negara sudah mencapai target iklim masing-masing untuk membatasi pemanasan hingga 1,5 derajat Celcius dibandingkan dengan masa pra-industri dan bagaimana negara-negara mencapainya. Pada hari Selasa, para perunding menghasilkan rancangan baru dari naskah tersebut, namun terdapat begitu banyak kemungkinan dalam dokumen itu sehingga tidak ada banyak petunjuk tentang apa yang akan disepakati ketika sesi berakhir minggu depan. [lt/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG