Tautan-tautan Akses

PM Erdogan Kecam Komite Kongres AS Soal Resolusi Genosida


Perdana Menteri Turki Recep Tayyib Erdogan mengecam sebuah komite Kongres Amerika yang menyetujui resolusi yang melukiskan pembunuhan massal warga Armenia oleh Kesultanan Turki sebagai genosida.

Kepada wartawan di Turki hari ini Erdogan mengatakan kalangan Partai Demokrat Amerika merusak masa depan Amerika Serikat dan mengobarkan perasaan anti-Amerika.

Turki memanggil pulang dutabesarnya di Washington untuk ber-konsultasi dalam menanggapi resolusi itu. Warga Turki telah melancarkan aksi protes di Ankara dan Istanbul terhadap resolusi itu.

Para pemimpin Turki mengatakan resolusi itu akan merusak hubungan Amerika – Turki. Seorang anggota senior Partai Keadilan dan Pembangunan, Egemen Bagis yang berbicara di Washington hari Kamis menyebut persetujuan resolusi itu sebagai “kekeliruan vital”.

Gedung Putih menentang resolusi itu yang disetujui sebuah Komite Dewan Perwakilan Rakyat hari Rabu dengan pemungutan suara 27 lawan 21. Ketua Dewan Nancy Pelosi mengatakan resolusi itu akan dibawa ke sidang penuh Dewan bagi pemungutan suara.

XS
SM
MD
LG