Tautan-tautan Akses

Airbus Jual 7 Pesawat Kargo Model Baru A350 ke Singapore Airlines


Pesawat Airbus A380 Singapore Airlines diparkir di landasan Bandara Internasional Changi di Singapura pada 24 Oktober 2020. (Foto: AFP/Roslan Rahman)
Pesawat Airbus A380 Singapore Airlines diparkir di landasan Bandara Internasional Changi di Singapura pada 24 Oktober 2020. (Foto: AFP/Roslan Rahman)

Airbus SE mengatakan pada Rabu (16/2) bahwa pihaknya telah menyelesaikan kesepakatan untuk menjual tujuh pesawat kargo A350 kepada Singapore Airlines. Kesepakatan tersebut akan akan menjadikan Singapore Airlines sebagai maskapai pertama yang mengoperasikan model baru tersebut.

Singapore Airlines pada bulan Desember mengatakan telah menandatangani perjanjian sementara untuk membeli pesawat kargo.

"Permintaan tersebut menggarisbawahi pentingnya pasar kargo bagi Grup SIA," kata Goh Choon Phong, CEO maskapai itu, dalam sebuah pernyataan. "Pesawat generasi baru ini secara substansial akan meningkatkan efisiensi operasi kami dan mengurangi pembakaran bahan bakar kami."

Pesawat kargo baru itu akan menggantikan armada tujuh Boeing 747 tua milik Singapore Airlines.

Kesepakatan itu memungkinkan maskapai untuk menukar sebagian pesanan untuk 15 pesawat jet A320neo dan dua versi penumpang A350-900 yang sebelumnya telah dipesan dari Airbus dan tetap akan dikirimkan.

Tujuh belas pesawat tersebut memiliki nilai sekitar $2,3 miliar ketika Airbus terakhir kali menerbitkan harga pada 2018. Harganya kira-kira sama dengan perkiraan nilai pesawat kargo saat ini. [ah/rs]

Recommended

XS
SM
MD
LG