Tautan-tautan Akses

Amerika Serikat Umumkan Bantuan US$8 Miliar untuk Ukraina


Presiden Joe Biden berjabat tangan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy saat peluncuran Deklarasi Bersama Dukungan untuk Pemulihan dan Rekonstruksi Ukraina, Rabu, 25 September 2024, di New York. (Manuel Balce Ceneta/AP)
Presiden Joe Biden berjabat tangan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy saat peluncuran Deklarasi Bersama Dukungan untuk Pemulihan dan Rekonstruksi Ukraina, Rabu, 25 September 2024, di New York. (Manuel Balce Ceneta/AP)

Amerika mengumumkan bantuan baru bernilai US$8 miliar untuk Ukraina saat Presiden Joe Biden bersiap untuk menjamu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam sebuah pertemuan di Gedung Putih pada hari Kamis (26/9).

Dalam sebuah pernyataan Biden mengatakan bantuan itu mencakup rudal Patriot dan baterenya, serta amunisi udara-ke-darat dan bom luncur berpemandu presisi dengan jangkauan hingga 130 kilometer.

Amerika juga memperluas pelatihan untuk pilot F-16 Ukraina dengan tambahan 18 pilot tahun depan.

“Selama hampir tiga tahun, Amerika Serikat telah menggalang dunia untuk berdiri bersama rakyat Ukraina saat mereka mempertahankan kebebasan mereka dari agresi Rusia, dan telah menjadi prioritas utama Pemerintahan saya untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan Ukraina agar dapat menang,” tambah Biden dalam pernyataan itu.

Zelenskyy dengan cepat membalas dengan mengucapkan terima kasih kepada Amerika. Ia mengatakan bantuan baru ini mencakup “barang-barang yang paling penting untuk melindungi rakyat kami.” “Kami akan menggunakan bantuan ini dengan cara yang paling efisien dan transparan untuk mencapai tujuan utama kita bersama: kemenangan bagi Ukraina, perdamaian yang adil dan abadi, dan keamanan trans-Atlantik,” ujar Zelenskyy di X.

Sebelumnya pemimpin Ukraina itu mengatakan akan mendiskusikan rencananya untuk memenangkan perang melawan Rusia dalam pertemuannya di Gedung Putih hari Kamis. Termasuk soal permintaan Ukraina kepada para donor senjata untuk mengizinkan pasukan Ukraina menggunakan senjata tersebut untuk menyerang target-target yang lebih jauh ke dalam wilayah Rusia. Para pemimpin Ukraina telah mengatakan bahwa serangan-serangan semacam itu diperlukan untuk menurunkan kemampuan Rusia dalam melakukan serangan rudal dan pesawat tak berawak. [em/uh]

Forum

XS
SM
MD
LG