Tautan-tautan Akses

Asap Kebakaran Hutan Kanada Sebabkan Kondisi Tidak Sehat Di Sejumlah Wilayah AS


Seorang warga tampak mengendarai sepeda di pinggir Danau Michigan saat pusat Kota Chicago diselimuti oleh asap dari kebakaran hutan di Kanada, pada 27 Juni 2023. (Foto: AP/Kiichiro Sato)
Seorang warga tampak mengendarai sepeda di pinggir Danau Michigan saat pusat Kota Chicago diselimuti oleh asap dari kebakaran hutan di Kanada, pada 27 Juni 2023. (Foto: AP/Kiichiro Sato)

Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA), pada Minggu (16/7), mengunggah peringatan kualitas udara untuk beberapa negara bagian di AS mulai dari Montana sampai ke Ohio karena asap dari kebakaran hutan Kanada yang bertiup ke arah negara bagian tersebut.

“Peringatan kualitas udara berlaku di daerah Great Lakes, Midwest, dan wilayah utara High Plains,” ujar Badan Cuaca Nasional AS. “Hal ini merupakan akibat dari konsentrasi padat dari asap kebakaran hutan Kanada yang ada di kawasan itu. Walaupun konsentrasi asap di atmosfer akan mulai reda pada Senin (17/7), namun asap yang muncul akan tetap menyebabkan kualitas udara menjadi tidak sehat bagi kelompok yang sensitif di beberapa wilayah di negara bagian tersebut pada awal minggu depan.”

Dalam laman kualitas udara AirNow milik EPA, kualitas udara di Chicago diberi label "tidak sehat" pada Minggu pagi waktu setempat. Dan di Michigan, pejabat lingkungan di negara bagian itu mengatakan kualitas udara “tidak sehat untuk kelompok orang yang sensitif.”

Gubernur New York Kathy Hocul mengatakan pada Minggu (16/7) bahwa kualitas udara yang tidak sehat akibat kebakaran di Kanada diperkirakan akan kembali melanda negara bagian New York pada Senin, terutama di wilayah utara dan barat dari negara bagian itu. Ia mengatakan perkiraan indeks kualitas udara akan berada di level 100 hingga 150 di kedua area tersebut, di mana biasanya kualitas udara normal berada di level 0 hingga 50.

Petugas kesehatan telah merekomendasikan para warga untuk menjaga keselamatan mereka dengan menggunakan masker, berada di dalam ruangan dan menjaga udara dalam ruangan tetap bersih. [jm/ka/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG