Tautan-tautan Akses

Australia Sambut Tahun Baru dengan Pembatasan Lebih Ketat


Papan peringatan Covid-19 dekat Sydney Harbour menjelang perayaan malam Tahun Baru di Sydney, Australia, Kamis, 31 Desember 2020.
Papan peringatan Covid-19 dekat Sydney Harbour menjelang perayaan malam Tahun Baru di Sydney, Australia, Kamis, 31 Desember 2020.

Australia akan menyambut tahun baru dengan pembatasan yang lebih ketat terhadap pergerakan, pertemuan, dan perbatasan sementara dua negara bagian terbesar di sana kesulitan mengatasi kasus baru Covid-19.

Negara bagian terpadat kedua di Australia, Victoria, akan membatasi pertemuan di dalam ruangan sampai 15 orang dan kembali mewajibkan masker di dalam ruangan mulai Kamis, sehari setelah melaporkan tiga kasus baru yang mengakhiri masa bebas Covid-19 selama lebih dari dua bulan.

Meskipun kasus sedikit mereda di negara bagian New South Wales (NSW) yang paling padat penduduknya, pihak berwenang menggambarkan situasinya sebagai "sangat tidak stabil."

Pihak berwenang memperketat aturan menjelang malam Tahun Baru, berharap mencegah penularan komunitas, sementara kasus diperkirakan meningkat dalam beberapa hari mendatang karena pertemuan keluarga dan bepergian selama liburan.

NSW melaporkan 10 kasus lokal baru dibandingkan 18 kasus sehari sebelumnya, sedangkan Victoria menambahkan tiga kasus.

Australia telah melaporkan lebih dari 28.400 kasus Covid-19 dan 909 kematian sejak pandemi dimulai.[ka/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG