Tautan-tautan Akses

Banjir Besar di China, Sedikitnya 25 Tewas


Banjir menggenangi jalanan di kota Zhengzhou, Henan, China Selasa (20/7).
Banjir menggenangi jalanan di kota Zhengzhou, Henan, China Selasa (20/7).

Setidaknya 25 tewas di provinsi Henan, China tengah, pasca banjir besar yang dipicu hujan lebat berhari-hari. Peramal cuaca memperkirakan hujan akan terus turun selama tiga hari di wilayah itu.

Hujan membanjiri jalan-jalan di seluruh ibu kota provinsi itu, Zhengzhou, membuat pengendara terdampar. Mereka terpaksa menempuh banjir setinggi pinggang yang menenggelamkan atau menghanyutkan banyak mobil.

Banjir juga menggenangi kereta bawah tanah kota. Pengendara mengunggah video di media sosial, tampak sedang menunggu diselamatkan dari banjir berlumpur setinggi pinggang. Seorang penumpang memposting di Weibo bahwa “air dalam kereta telah mencapai setinggi dada.”

Dua belas orang tewas dan lebih dari 500 diselamatkan setelah terowongan kereta bawah tanah kebanjiran, media pemerintah melaporkan. Air di puluhan waduk dan bendungan sudah berada pada titik kritis. Pihak berwenang telah mengevakuasi 100.000 penduduk ke zona aman.

Provinsi Henan, dengan sekitar 94 juta penduduk, mengalami hujan lebat selama seminggu ini. Para peramal cuaca mengatakan Zhengzhou mendapat curah hujan dalam setahun hanya dalam tiga hari. [ka/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG