Tautan-tautan Akses

Banjir, Longsor di Pesisir California


Pejalan kaki membawa payung saat berjalan di tengah hujan di Stanford, California, Sabtu, 31 Desember 2022. (Foto: AP/Jeff Chiu)
Pejalan kaki membawa payung saat berjalan di tengah hujan di Stanford, California, Sabtu, 31 Desember 2022. (Foto: AP/Jeff Chiu)

Rangkaian badai Pasifik terbaru yang menyebabkan sedikitnya 12 kematian, Senin (9/1), melanda California. Meningkatnya risiko banjir dan tanah longsor memaksa dilakukannya evakuasi terhadap sekitar 25.000 orang, termasuk seluruh Kota Montecito dan daerah dekat Pantai Santa Barbara.

Zona evakuasi Montecito termasuk dalam 17 wilayah California di mana pihak berwenang khawatir rangkaian hujan deras sejak akhir Desember bisa memunculkan aliran lumpur yang mematikan, batu-batu besar dan puing-puing lainnya di lereng bukit yang gundul karena kebakaran hutan pada masa lalu.

Evakuasi wajib itu dilakukan lima tahun setelah tanah longsor akibat hujan lebat melanda lereng dan ngarai yang baru dilanda kebakaran di sekitar Montecito, daerah kantong pantai yang makmur, 90 mil barat laut Los Angeles. Kerusakan yang meluas pada Januari 2018 menewaskan lebih dari 20 orang.

Di antara hampir 9.000 penduduk Montecito, banyak yang memiliki rumah mewah di kota yang indah tersebut. Selebrita seperti maestro media Oprah Winfrey, dan Pangeran Harry dari Inggris serta istrinya Meghan, juga tinggal di sana.

Belum jelas apakah mereka termasuk yang harus mengungsi dan meninggalkan daerah itu. Winfrey diketahui berada di Hawaii selama libur Tahun Baru. [ka/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG