Tautan-tautan Akses

Bendera Olimpiade Tiba di Los Angeles, Tuan Rumah Olimpiade 2028


Wali Kota Los Angeles Karen Bass (kiri) memegang bendera olimpiade dalam upacara penutupan Olimpiade Paris 2024 di Stade de France, Saint-Denis, pada 11 Agustus 2024. (Foto: AP/Kin Cheung)
Wali Kota Los Angeles Karen Bass (kiri) memegang bendera olimpiade dalam upacara penutupan Olimpiade Paris 2024 di Stade de France, Saint-Denis, pada 11 Agustus 2024. (Foto: AP/Kin Cheung)

Bendera Olimpiade tiba di Los Angeles pada Senin (12/8), dan akan dikibarkan pada tahun 2028 ketika kota tersebut menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas berikutnya.

Bendera tersebut tiba dengan pesawat Delta Airlines yang membawa atlet dan sejumlah pengurus tim nasional Amerika serikat. Pesawat tersebut dicat dengan tulisan "LA28" dan gambar pohon palem di sisinya. Lagu "California Love" karya legenda hip-hop Tupac Shakur terdengar melalui pengeras suara di landasan Bandara Internasional Los Angeles ketika pesawat tersebut tiba.

Wali Kota Los Angeles Karen Bass turun dari pesawat dengan mengenakan pakaian olahraga Tim USA berwarna merah, tersenyum lebar dan mengibarkan bendera Olimpiade sebelum turun dari tangga untuk disambut oleh Gubernur California Gavin Newsom. Penyelam Olimpiade Delaney Schnell, pemain skateboard Tate Carew dan lainnya tampak menemani wali kota itu.

Bass mengatakan di bandara bahwa dia merasakan “kebanggaan dan tanggung jawab yang luar biasa” karena diberi Bendera Olimpiade di Paris pada hari Minggu. Meskipun Los Angeles sedang berupaya untuk menjadi tuan rumah Olimpiade yang hebat, wali kota itu mengatakan bahwa para penyelenggara pesta olahraga akbar itu di Amerika kini benar-benar merasakan "kebutuhan untuk mengambil langkah lebih cepat."

Komite Olimpiade Internasional (IOC) memutuskan Los Angeles sebagai tuan rumah Olimpiade 2028 tahun 2017. Itu akan menjadi ketiga kalinya Los Angeles menjadi tuan rumah Olimpiade pada era modern, setelah menjadi tuan rumah pada tahun 1932 dan 1984.

Bass mengakui Paris telah menetapkan standar tinggi sebagai tuan rumah Olimpiade, dan bahwa masalah tuna wisma di LA akan menjadi tantangan yang harus diatasi. Namun kota yang mendapat julukan Kota Malaikat itu memiliki satu aset kelas dunia yang tidak dapat diklaim oleh siapa pun: "Kami memiliki Hollywood, jadi saya mengharapkan banyak peluang ajaib," katanya kepada kantor berita Reuters di Paris. [ab/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG