Tautan-tautan Akses

Biden Anugerahkan Medali Kehormatan kepada 2 Tentara yang Terlupakan 


Presiden AS Joe Biden berbicara dalam acara penganugerahan medali kehormatan untuk dua tentara AS di Gedung Putih, Washington, pada 3 Juli 2024. (Foto: AP/Susan Walsh)
Presiden AS Joe Biden berbicara dalam acara penganugerahan medali kehormatan untuk dua tentara AS di Gedung Putih, Washington, pada 3 Juli 2024. (Foto: AP/Susan Walsh)

Presiden AS Joe Biden, pada Rabu (3/7), menganugerahkan medali kehormatan kepada dua tentara Union atas keberanian yang mencolok mencuri lokomotif jauh di wilayah Konfederasi dalam Perang Saudara AS. Keduanya mengarahkan lokomotif itu ke utara sejauh 140 km sambil menghancurkan rel kereta api dan jalur telegraf.

Prajurit Angkatan Darat Philip G. Shadrach dan George D. Wilson ditangkap oleh Konfederasi dan dihukum gantung. Biden telah mengakui keberanian mereka 162 tahun kemudian dengan penghargaan militer tertinggi di AS.

Pengakuan anumerta diberikan sementara peninggalan Perang Saudara, yang menewaskan lebih dari 600.000 anggota militer Union dan Konfederasi antara 1861 dan 1865, terus memengaruhi politik AS dalam tahun pemilu yang sarat kontroversi, di mana isu ras, hak konstitusional, dan kekuasaan presiden menjadi sorotan.

Biden, seorang Demokrat, mengatakan bahwa kerusuhan pada 6 Januari 2021 di Gedung Capitol oleh pendukung Donald Trump adalah ancaman terbesar bagi demokrasi sejak Perang Saudara. Sementara itu, Trump, calon presiden dari Partai Republik pada rapat umum di Pennsylvania baru-baru ini berbicara tentang Pertempuran Gettysburg dan tentang Jenderal Konfederasi Robert E. Lee.

Theresa Chandler, cicit dari Wilson, menerima penghargaan anumerta tersebut. Brian Taylor, cicit dari keponakan Shadrach, juga ikut menerima penghargaan tersebut.

Shadrach dan Wilson dianugerahi penghargaan itu karena berpartisipasi dalam apa yang dikenal sebagai Pengejaran Hebat Lokomotif. [ka/ns]

Forum

XS
SM
MD
LG