Tautan-tautan Akses

Dukung Israel, AS Kirim Kapal Induk ke Mediterania Timur


Para personel menyiapkan dek penerbangan di kapal induk USS Gerald R. Ford (foto: dok). AS kirimkan kapal induk ini ke Mediterania Timur untuk mendukung Israel.
Para personel menyiapkan dek penerbangan di kapal induk USS Gerald R. Ford (foto: dok). AS kirimkan kapal induk ini ke Mediterania Timur untuk mendukung Israel.

Juru bicara Pentagon Brigjen Pat Ryder, lewat pernyataan tertulis Minggu sore (8/10) mengatakan, Menteri Pertahanan Amerika Llyod Austin juga telah berbicara melalui telpon dengan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant. Dalam kesempatan itu Austin menyampaikan dukungan tak tergoyahkan Amerika atas hak Israel untuk mempertahankan diri, sementara Gallant menyampaikan informasi terbaru tentang operasi Israel untuk memulihkan keamanan pasca serangan Hamas hari Sabtu (7/10) yang menewaskan sedikitnya 700 orang di Israel.

Lebih jauh Austin mengatakan telah memerintahkan pengiriman kapal induk Angkatan Laut Amerika USS Gerald R. Ford bersama satu kapal penjelajah rudal berpeluru kendali kelas Ticonderago USS Normandy, dan empat kapal perusak rudal berpeluru kendali kelas Arleigh-Burke USS Thomas Hudner, USS Ramage, USS Carney, dan USS Roosevelt ke Mediterania Timur yang berdekatan dengan Israel.

Sapa Dunia: Presiden Biden Kecam Serangan Hamas ke Israel
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:08:45 0:00

Kapal induk USS Gerald R. Ford yang berbasis di Norfolk, Virginia itu sudah berada di Laut Tengah. Minggu lalu kapal ini melakukan latihan angkatan laut dengan Italia di Laut Ionia. USS Gerald R. Ford adalah kapal induk terbaru dan tercanggih Amerika dan ini adalah pengerahan penuh pertamanya.

Austin menggarisbawahi bahwa langkah-langkah itu diambil untuk memperkuat postur militer Amerika di wilayah itu guna meningkatan penangkalan di kawasan tersebut.

Amerika, tambah Austin, juga mengirimkan peralatan dan sumber daya tambahan, termasuk amunisi, yang akan tiba dalam beberapa hari mendatang.

Kedua menteri pertahanan sepakat untuk tetap melakukan komunikasi dalam beberapa hari dan minggu mendatang. [em/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG