Tautan-tautan Akses

El-Baradei Diangkat sebagai Wakil Presiden Mesir


Mohammed El-Baradei diambil sumpahnya hari Minggu (14/7) di hadapan Presiden sementara Adly Mansour (foto: dok).
Mohammed El-Baradei diambil sumpahnya hari Minggu (14/7) di hadapan Presiden sementara Adly Mansour (foto: dok).

Pemenang hadiah Nobel Perdamaian, Mohammed El-Baradei diambil sumpahnya hari Minggu (14/7) di hadapan Presiden sementara Adly Mansour.

Tokoh liberal Mesir Mohammed el-Baradei telah diambil sumpahnya sebagai Wakil Presiden, dan mantan Duta Besar Mesir untuk Amerika diangkat sebagai Menteri Luar Negeri pemerintahan sementara Mesir.

Mohammed el-Baradei diambil sumpahnya hari Minggu di hadapan Presiden sementara Adly Mansour. Pemenang hadiah Nobel untuk perdamaian dan mantan Kepala Badan Tenaga Atom PBB (IAEA) itu adalah seorang pemimpin oposisi yang mengadakan aksi-aksi protes dua minggu lalu mendesak turunnya Presiden Mohammed Morsi.

Tentara Mesir menggulingkan Morsi tanggal 3 Juli, hanya satu tahun setelah ia terpilih, karena luasnya aksi protes menentangnya. Kelompok oposisi menuduh Morsi memusatkan kekuasaan pada kelompok Ikhwanul Muslimin dan mengakibatkan rusaknya perekonomian Mesir.

Hakim Mahkamah Agung Mansour segera diangkat menjadi Presiden sementara sampai diadakannya pemilihan umum baru. Kapan pemilihan umum baru itu akan diadakan, masih belum jelas.
XS
SM
MD
LG